Bebebarapa Jenis Philodendron Bisa Memperindah Rumahmu

Jenis Philodendron
Philodendron bipinnatifidum: care & propagation - Plantura
Bebebarapa Jenis Philodendron Bisa Memperindah Rumahmu– Philodendron merupakan jenis tanaman hias klasik yang dahulu sangat disukai oleh Ratu Victoria dari Inggris. Menurut buku Menanam & Merawat Philodendron oleh Didik Setiawan Lie dan Drs. Agus Andoko, daun-daunnya berwarna hijau segar mengkilap dengan beragam bentuk.
Beberapa jenis tanaman hias ini cocok diletakkan di dalam ruangan. Sebatang philodendron dan daun-daunnya bisa menghadirkan suasana yang segar. Selain itu, ada juga berbagai jenis philodendron yang membuat teras jadi semakin cantik!

Jenis-jenis Philodendron

Ada banyak jenis philodendron dengan beragam bentuk dan ukuran. Berikut beberapa jenis philodendron yang bisa mempercantik rumahmu.

1. Philodendron bipinnatifidum

 bipinnatifidum di pasaran dikenal dengan nama philo jari. Hal ini disebabkan oleh bentuk daunnya yang menjari.
Tanaman ini bukan termasuk tipe merambat, namun tipe lambat tumbuh. Daunnya berwarna hijau metalik. Di dalam ruangan, tanaman ini relatif tahan, yaitu kurang lebih selama seminggu.

2. Philodendron jari ‘Elegant’

Philodendron yang juga termasuk dalam kategori philo jari ini memiliki daun berwarna hijau keperakan. Tangkai daunnya tersusun kompak pada batang yang pendek dengan posisi tegak atau setengah tegak. Tanaman ini cocok diletakkan di teras atau halaman yang teduh.

3. Philodendron bipinnatifidum ‘Giant’

Ketika berukuran besar, Philodendron bipinnatifidum sekilas hampir sama dengan pohon pepaya. Batangnya keras sebesar lengan orang dewasa, tangkainya panjang dan daunnya lebar. Jenis philodendron ini cocok ditanam di bagian pojok taman.

4. Philodendron xanadu

Philodendron xanadu memiliki daun menjari dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bentuk daunnya yang unik cocok untuk menjadi daun potong pada rangkaian bunga.

Selain itu, tanaman ini juga dapat ditanam sebagai elemen taman. Di pasaran, jenis philodendron ini relatif banyak, sebab mudah dibudidayakan.

5. Philodendron xanadu ‘Golden’

Penampilan philodendron xanadu ‘Golden’ hampir sama dengan  xanadu. Namun daunnya berwarna kuning.

Selain itu, ukuran daunnya tak terlalu besar dengan tangkai yang pendek. Varian ini cocok dijadikan pot plant atau dipajang teras rumah.

6. Philodendron pinnatifidum

Jenis philodendron ini disebut dengan philo gergaji, sebab bentuknya yang bergerigi. Daunnya tebal dengan lanset panjang dan bercelah-celah dalam.

Panjang daunnya sekitar 30-40 cm dan lebarnya antara 8-12 cm. Sementara, panjang tangkai daunya sekitar 15-25 cm . Philodendron bipinnatifidum cocok diletakkan di sudut ruangan, lorong atau ruang tamu.

7. Philodendron jari ‘Golden finger’

Philodendron ini mempunyai daun dan tangkai yang berwarna kuning keemasan. Sbab warnanya yang indah, tanaman ini cocok ditaruh di pot yang berada di teras atau taman.

8. Philodendron Milo

Philodendron milo memiliki daun yang panjang dan berwarna hijau tua mengkilap. Susunan daunnya begitu bagus. Tanaman ini cocok ditanam di halaman. Perlu diketahui bahwa penanaman di pot membutuhkan ruangan yang cukup lebar, sebab ukurannya panjang.

9. Philodendron ‘Moonlight’

Philodendron moonlight Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattawat Jindamaneesirikul
Daun dari Philodendron Moonlight memiliki ukuran yang proporsional dengan tangkainya. Bentuknya mengarah kepada tanaman hias yang mencerminkan keanggunan.

Posisi daunnya tidak tegak atau cenderung melambai-lambai. Mengutip buku Panduan Praktis Mengenal Keunikan 767 Jenis Galeri Tanaman Hias Daun oleh Juwita Ratnasari, SP, warnanya merupakan kombinasi hijau muda yang fresh dan kuning muda yang lembut. Ukurannya yang pendek ini membuatnya kerap dijadikan tanaman hias pot.

10. Philodendron Red Princess

Philodendron Red Princess memberi kesan gagah dan mewah. Daunnya berwarna merah ketika muda lalu berubah kehitaman dan hijau gelap saat tua. Mengutip The Best of Ornamental Plant oleh Tim Penulis PMB, tanaman ini relatif tahan di ruangan gelap, sehingga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

11. Philodendron williamsii

Philodendron williamsii termasuk tipe merambat. Daunnya hijau, panjang dan berombak di bagian tepinya, sementara tulang daunnya berwarna kemerahan.

Sebab ukuranya yang besar, jadi sebaiknya kamu meletakkan tanaman ini di pot besar. Kemudian tempatkan d teras atau ruangan yang agak besar,

Itulah beberapa jenis philodendron yang bisa mempercantik ruangan ataupun teras dan taman. Semoga artikel ini membantumu.